- PENDAHULUAN
Dalam suatu organisasi dalam
mencapai tujuannya sangat tergantung pada kemampuan orang yang mengelola
organisasi tersebut. Manajemen sebagi suatu metode yang mengatur, mengelola
organisasi dapat diartikan sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang.
Jika manajemen suatu organisasi baik maka akan meningkatkan kemakmuran suatu
negara. Dalam menjalankan tugasnya , para manajer
memerlukan informasi, karena adanya perbedaan tugas maka informasi yang
diperlukan juga akan berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh adanya periode
waktu, tingkat ketidakpastian, tipe informasi, dasar kebutuhan informasi dan
bentuk pelaporan. Sehingga dapat dikategorikan bahwa informasi adalah salah satu jenis sumberdaya
utama, dan termasuk dalam kategori sumberdaya
konseptual.
B. ISI
Jenis-jenis Utama Sumber Daya
Manajer mengelola 5 jenis utama sumber daya :
1. Manusia
2. Material
3. Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
4. Uang
5. Informasi (ternasuk data)
empat jenis sumber daya yang pertama memiliki wujud, disebut sumber daya
fisik. Informasi memiliki nilai dari apa yang diwakilinya disebut sumber daya
konseptual. Tugas manajer adalah mengelola sumber daya agar data digunakan
dengan cara yang paling efektif. Para menajer menggunakan sumber daya
konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.
Manajemen Sumber Daya
• Sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan
• Setelah penyusunan sumber daya, manajer berusaha untuk memaksimalkan
penggunaannya
• Meminimalkan waktu yang terbuang dan menjaganya agar berfungsi pada
efisiensi puncak
• Akhirnya manajer mengganti sumber daya ini sebelum sumber daya tersebut
usang dan tidak efisien
Bagaimana Informasi Dikelola
Aktivitas memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin dan membuangnya
pada saat yang tepat disebut Manajemen Informasi.
PERHATIAN PADA MANAJEMEN INFORMASI, disebabkan 2 hal utama :
A. Kompleksitas Kegiatan Bisnis yang Meningkat
1. Pengaruh Ekonomi Internasional
• Pengaruh tersebut dapat terlihat pada nilai relatif mata uang dari
setiap negara
• Ex. Akhir th. 1980-an banyak turis AS yang memutuskan untuk berliburdi
Mexico
2. Persaingan Dunia
• Dampak persaingan dapat terlihat pada impor dari luar negeri
• Ex. Akhir th. 1991 General Motor menutup banyak pabriknya
3. Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
• Perusahaan melakukan investasi pada teknologi supaya dapat melaksanakan
operasi yang diperlukan
• Ex. Perusahaan mail order AT&T
4. Batas Waktu yang Singkat
• Para wiraniaga melakukan pemasaran melalui telepon (telemarketing) untuk
menghubungi pelanggan mereka
• Perintah penjualan dikirim secara elektronik dari satu komputer ke yang
lain
• Pabrik membuat jadwal pengiriman material agar tiba tepat pada waktunya
5. Kendala-kendala Sosial
• Keputusan - keputusan bisnis harus didasarkan pada faktor-faktor ekonomis,
tapi keuntungan dan biaya sosial harus juga dipertimbangkan
• Ex. perluasan pabrik, produk baru, tempat penjualan baru harus dipertimbangkan
dampaknya terhadap lingkungan.
Para pemakai
Para
pemakai komputer meliputi :
1.
Manajer
Gagasan
untuk menggunakan komputer sebagai suatu SIM, merupakansuatu terobosan karena
menyadari kebutuhan para manajer akan informasiuntuk pemecahan masalah.
2.
Non-Manajer
3. Orang
-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan
Sumber daya fisik yang
berada pada organisasi biasanya terbatas dan bisa habis atau punah. Sedangkan
sumberdaya informasi bersifat “tidak” akan pernah habis. Sehingga semua
sumberdaya, baik fisik maupun konseptual harus disinergikan. Oleh karena itu
tugas dari manajer adalah mengarahkan penggunaan semua sumberdaya agar dapat
dimanfaatkan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari tugas manajer tersebut,
maka perlu adanya usaha penataan sumberdaya (Manajemen Sumberdaya) termasuk
didalamnya manajemen informasi, yakni berupa :
• Sumberdaya
harus disusun sedemikian rupa sehingga setiap saat diperlukan dapat segera
dimanfaatkan - perlu dilakukan modifikasi
• Sumberdaya
harus dimanfaatkan semaksimal mungkin
• Sumberdaya
harus selalu diperbaharui
Manajer Dijumpai pada Semua
Jenjang, sesuai dengan tingkatan manajemen, yaitu :
·
Tingkat Perencanaan
Strategis (Strategic planning level)
Merupakan manajer pucak organisasi. Mereka mempunyai pengaruh atas
keputusan-keputusan yang diambil pada seluruh organisasi selama beberapa tahun
mendatang. Istilah lain yang digunakan yakni eksekutif.
·
Tingkat Pengendalian
Manajemen (Management control level)
Merupakan manajer tingkat menengah,
yang memiliki tanggung jawab untuk merubah rencana menjadi tindakan dan
memastikan agar tujuannya tercapai.
·
Tingkat Pengendalian
Operasional (Operational conrol level)
Merupakan manajer tingkat bawah, yang bertangung jawab
menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer ditingkat
yang lebih tinggi.
Tingkat manajemen dapat
mempengaruhi sumber informasi dan bentuk penyajian informasi. Komponen sumber
informasi dikategorikan dalam dua kelompok besar yaitu dari lingkungan dan
internal. Sedangkan bentuk penyajian informasi juga dibagi atas dua kelompok
besar yakni penyajian secara ringkas dan rinci.
Selain keberadaan
manajer itu ada di berbagi tingkatan organisasi atau perusahaan. Manajer juga dijumpai dalam Bidang Fungsional perusahaan, tempat berbagai sumberdaya
dipisahkan menurut jenis pekerjaan yang dilakukan. Pembagian bidang fungsional pada umunya yaitu seperti :
Bidang
fungsional keuangan (Finance
)
·
Bidang
fungsional jasa informasi (Information services)
·
Bidang
fungsional pemasaran (Marketing)
·
Bidang
fungsional sumberdaya manusia (Human resources)
·
Bidang
fungsional manufaktur (Manufacturing)
Seorang manajer harus memiliki kemampuan dalam :
1. Fungsi - fungsi Manajemen
Menurut Henri fayol,manyatakan bahwa manajer
melaksanakan 5 fungsi, fungsi manajemen yang utama :
∗ Plan, merencanakan apa yang mereka lakukan
∗ Organize, mengorganisasikan untuk mencapai rencana
∗ Staff, menyusun staff organisasi dengan sumber daya
yang diperlukan
∗ Direct, mengarahkan untuk melaksanakan rencana
∗ Control, mengendalikan sumber daya menjaganya agar
tetap beroperasi secara optimal Semua manajer apapun tingkatan atau area
fungsional, melaksanakan fungsi-fungsi tersebut, dengan penekanan yang
berlainan.
2. Peran-peran Manajerial
Henry Mintzberg mengembangkan kerangka kerja yang
lebih rinci yang terdiri dari 10 peran manajerial
∗ Interpersonal Roles
• Figurehead
manajer melaksanakan tugas-tugas seremonial seperti
mendampingi
pejabat yang berkunjung meninjau fasilitas
• Leader
manajer memelihara unit dengan mempekerjakan dan
melatih staf serta
menyediakan motivasi dan dorongan
• Liaison
manajer menjalin hubungan dengan orang - orang di
luar unit manajer
tersebut - rekan kerja dan lainnya dilingkungannya
dengan tujuan
menyelesaikan masalah - masalah bisnis
∗ Informational Roles
• Monitor
manajer secara tetap mencari informasi mengenai
kinerja unit
• Spokesperson
manajer meneruskan informasi yang berharga kepada
orang lain di dalam unitnya.
∗ Peran Keputusan
• Entrepreneur
manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen pada unit, seperti
mengubah struktur organisasi
• Disturbance Handler
manajer bereaksi pada kejadian - kejadian tidak terduga, seperti
devaluasi dollar di negara asing yang menjadi tempat operasi perusahaannya
• Negotiator
manajer menengahi perselisihan baik di dalam unitnya maupun antara unit
dan lingkungannya
• Resource Allocator
manajer mengendalikan pengeluaran unitnya, menentukan unit bawahan mana
yang mendapatkan sumber daya
KEAHLIAN MANAJEMEN
1. Komunikasi,
◊ manajer berkomunikasi dengan bawahannya, atasannya, manajer lain di tingkat
yang sama dan dengan orang-orang di luar perusahaan.
2. Pemecahan masalah (problem solving)
◊ dengan membuat perubahan - perubahan pada operasi perusahaan
sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.
◊ keputusan adalah suatu tindakan tertentu yang telah dipilih.
◊ manajer membuat keputusan-keputusan berganda dalam proses memecahkan
suatu permasalahan tunggal
PENGETAHUAN MANAJEMEN
1. Mengerti Komputer (compuetr literacy)
◊ pengetahuan mengenai komputer yang diperlukan untuk berfungsi di masa
kini.
◊ mencakup mengenai istilah komputer, keunggulan dan kelemahan komputer,
kemampuan menggunakan komputer.
2. Mengerti Informasi (information literacy)
◊ meliputi pengertian bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari
prosedur pemecahan masalah, dimana informasi di dapat dan bagaimana membagikan
informasi dengan orang lain.
MANAJER DAN SISTEM
1. SISTEM
◊ adalah sekelompok elemen - elemen yang
terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan
2. ELEMEN - ELEMEN SISTEM
• Sumber daya mengalir dari elemen input melalui
elemen transformasi menjadi sumber daya output.
• Suatu mekanisme kontrol memantau proses
transformasi untuk meyakinkan bahwa sistem tersebut memenuhi tujuannya.
• Mekanisme kontrol ini dihubungkan pada arus sumber
daya dengan memakai suatu lingkaran umpan balik (feedback loop)
Suatu pandangan sistem (system view) melihat operasi
bisnis sebagai sistemyang melekat dalam suatu lingkungan yang lebih luas.Ini
adalah suatu cara pandang yang abstrak, tapi bernilai potensial bagimanajer
1. Mencegah manajer tersesat dalam kompleksitas
struktur organisasi
dan rincian pekerjaan
2. Menyadari perlunya memiliki tujuan-tujuan yang
baik
3. Menekankan pentingnya kerjasama semua bagian
dalam organisasi
4. Mengakui keterkaitan organisasi dengan
lingkungannya
5. Memberikan penilaian yang tinggi pada informasi
umpan balik yang
hanya dapat dicapai dengan cara sistem lingkaran
tertutup
DATA
◊ terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang
secdara relatif tidak berarti
bagi pemakai
◊ ex. Jumlah jam kerja tiap pegawai dalam perusahaan
C.
KESIMPULAN
Dari
pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa peranan manajer mengelola sumber daya
berperan dalam keberhasilan suatu perusahaan/organisasi
dalam mencapai tujuannya yang sangat tergantung pada kemampuan orang yang
mengelola perusahaan/organisasi tersebut.
D.
REFERENSI
sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../Modul+1+SIM.doc
imam.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../SIM1-Pengenalan.pdf.doc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar