Rabu, 10 Oktober 2012

LANGKAH MANAJER DALAM MENGELOLA SUMBER DAYA FISIK DAN SUMBER DAYA KONSEPTUAL

  1. PENDAHULUAN
Dalam suatu organisasi dalam mencapai tujuannya sangat tergantung pada kemampuan orang yang mengelola organisasi tersebut. Manajemen sebagi suatu metode yang mengatur, mengelola organisasi dapat diartikan sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang. Jika manajemen suatu organisasi baik maka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara. Dalam menjalankan tugasnya , para manajer memerlukan informasi, karena adanya perbedaan tugas maka informasi yang diperlukan juga akan berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh adanya periode waktu, tingkat ketidakpastian, tipe informasi, dasar kebutuhan informasi dan bentuk pelaporan. Sehingga dapat dikategorikan bahwa informasi adalah salah satu jenis sumberdaya utama, dan termasuk dalam kategori sumberdaya konseptual.

B. ISI
Jenis-jenis Utama Sumber Daya
Manajer mengelola 5 jenis utama sumber daya :
1. Manusia
2. Material
3. Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
4. Uang
5. Informasi (ternasuk data)

empat jenis sumber daya yang pertama memiliki wujud, disebut sumber daya fisik. Informasi memiliki nilai dari apa yang diwakilinya disebut sumber daya konseptual. Tugas manajer adalah mengelola sumber daya agar data digunakan dengan cara yang paling efektif. Para menajer menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.

Manajemen Sumber Daya
• Sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan
• Setelah penyusunan sumber daya, manajer berusaha untuk memaksimalkan penggunaannya
• Meminimalkan waktu yang terbuang dan menjaganya agar berfungsi pada efisiensi puncak
• Akhirnya manajer mengganti sumber daya ini sebelum sumber daya tersebut usang dan tidak efisien

Bagaimana Informasi Dikelola
Aktivitas memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat disebut Manajemen Informasi.

PERHATIAN PADA MANAJEMEN INFORMASI, disebabkan 2 hal utama :
A. Kompleksitas Kegiatan Bisnis yang Meningkat
1. Pengaruh Ekonomi Internasional
• Pengaruh tersebut dapat terlihat pada nilai relatif mata uang dari setiap negara
• Ex. Akhir th. 1980-an banyak turis AS yang memutuskan untuk berliburdi Mexico
2. Persaingan Dunia
• Dampak persaingan dapat terlihat pada impor dari luar negeri
• Ex. Akhir th. 1991 General Motor menutup banyak pabriknya
3. Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
• Perusahaan melakukan investasi pada teknologi supaya dapat melaksanakan operasi yang diperlukan
• Ex. Perusahaan mail order AT&T
4. Batas Waktu yang Singkat
• Para wiraniaga melakukan pemasaran melalui telepon (telemarketing) untuk menghubungi pelanggan mereka
• Perintah penjualan dikirim secara elektronik dari satu komputer ke yang lain
• Pabrik membuat jadwal pengiriman material agar tiba tepat pada waktunya
5. Kendala-kendala Sosial
• Keputusan - keputusan bisnis harus didasarkan pada faktor-faktor ekonomis, tapi keuntungan dan biaya sosial harus juga dipertimbangkan
• Ex. perluasan pabrik, produk baru, tempat penjualan baru harus dipertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan.

Para pemakai
Para pemakai komputer meliputi :
1. Manajer
Gagasan untuk menggunakan komputer sebagai suatu SIM, merupakansuatu terobosan karena menyadari kebutuhan para manajer akan informasiuntuk pemecahan masalah.
2. Non-Manajer
3. Orang -orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan
Sumber daya fisik yang berada pada organisasi biasanya terbatas dan bisa habis atau punah. Sedangkan sumberdaya informasi bersifat “tidak” akan pernah habis. Sehingga semua sumberdaya, baik fisik maupun konseptual harus disinergikan. Oleh karena itu tugas dari manajer adalah mengarahkan penggunaan semua sumberdaya agar dapat dimanfaatkan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari tugas manajer tersebut, maka perlu adanya usaha penataan sumberdaya (Manajemen Sumberdaya) termasuk didalamnya manajemen informasi, yakni berupa :
           Sumberdaya harus disusun sedemikian rupa sehingga setiap saat diperlukan dapat segera dimanfaatkan - perlu dilakukan modifikasi
           Sumberdaya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin
           Sumberdaya harus selalu diperbaharui
Manajer Dijumpai pada Semua Jenjang, sesuai dengan tingkatan manajemen, yaitu :
·                     Tingkat Perencanaan Strategis (Strategic planning level)
Merupakan manajer pucak organisasi. Mereka mempunyai pengaruh atas keputusan-keputusan yang diambil pada seluruh organisasi selama beberapa tahun mendatang. Istilah lain yang digunakan yakni eksekutif.
·                     Tingkat Pengendalian Manajemen (Management control level)
Merupakan manajer tingkat menengah, yang memiliki tanggung jawab untuk merubah rencana menjadi tindakan dan memastikan agar tujuannya tercapai.
·                     Tingkat Pengendalian Operasional (Operational conrol level)
Merupakan manajer tingkat bawah, yang bertangung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer ditingkat yang lebih tinggi.
Tingkat manajemen dapat mempengaruhi sumber informasi dan bentuk penyajian informasi. Komponen sumber informasi dikategorikan dalam dua kelompok besar yaitu dari lingkungan dan internal. Sedangkan bentuk penyajian informasi juga dibagi atas dua kelompok besar yakni penyajian secara ringkas dan rinci.
Selain keberadaan manajer itu ada di berbagi tingkatan organisasi atau perusahaan. Manajer juga dijumpai dalam Bidang Fungsional perusahaan, tempat berbagai sumberdaya dipisahkan menurut jenis pekerjaan yang dilakukan. Pembagian bidang fungsional pada umunya yaitu seperti :
·                     Bidang fungsional keuangan (Finance


)
·                     Bidang fungsional jasa informasi (Information services)
·                     Bidang fungsional pemasaran (Marketing)
·                     Bidang fungsional sumberdaya manusia (Human resources)
·                     Bidang fungsional manufaktur (Manufacturing)

Seorang manajer harus memiliki kemampuan dalam :
1. Fungsi - fungsi Manajemen
Menurut Henri fayol,manyatakan bahwa manajer melaksanakan 5 fungsi, fungsi manajemen yang utama :
Plan, merencanakan apa yang mereka lakukan
Organize, mengorganisasikan untuk mencapai rencana
Staff, menyusun staff organisasi dengan sumber daya yang diperlukan
Direct, mengarahkan untuk melaksanakan rencana
Control, mengendalikan sumber daya menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal Semua manajer apapun tingkatan atau area fungsional, melaksanakan fungsi-fungsi tersebut, dengan penekanan yang berlainan.
2. Peran-peran Manajerial
Henry Mintzberg mengembangkan kerangka kerja yang lebih rinci yang terdiri dari 10 peran manajerial
Interpersonal Roles
• Figurehead
manajer melaksanakan tugas-tugas seremonial seperti mendampingi
pejabat yang berkunjung meninjau fasilitas
• Leader
manajer memelihara unit dengan mempekerjakan dan melatih staf serta
menyediakan motivasi dan dorongan
• Liaison
manajer menjalin hubungan dengan orang - orang di luar unit manajer
tersebut - rekan kerja dan lainnya dilingkungannya dengan tujuan
menyelesaikan masalah - masalah bisnis
Informational Roles
• Monitor
manajer secara tetap mencari informasi mengenai kinerja unit
• Spokesperson
manajer meneruskan informasi yang berharga kepada orang lain di dalam unitnya.
Peran Keputusan
• Entrepreneur
manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen pada unit, seperti mengubah struktur organisasi
• Disturbance Handler
manajer bereaksi pada kejadian - kejadian tidak terduga, seperti devaluasi dollar di negara asing yang menjadi tempat operasi perusahaannya
• Negotiator
manajer menengahi perselisihan baik di dalam unitnya maupun antara unit dan lingkungannya
• Resource Allocator
manajer mengendalikan pengeluaran unitnya, menentukan unit bawahan mana yang mendapatkan sumber daya
KEAHLIAN MANAJEMEN
1. Komunikasi,
◊ manajer berkomunikasi dengan bawahannya, atasannya, manajer lain di tingkat yang sama dan dengan orang-orang di luar perusahaan.
2. Pemecahan masalah (problem solving)
◊ dengan membuat perubahan - perubahan pada operasi perusahaan
sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.
◊ keputusan adalah suatu tindakan tertentu yang telah dipilih.
◊ manajer membuat keputusan-keputusan berganda dalam proses memecahkan suatu permasalahan tunggal
PENGETAHUAN MANAJEMEN
1. Mengerti Komputer (compuetr literacy)
◊ pengetahuan mengenai komputer yang diperlukan untuk berfungsi di masa kini.
◊ mencakup mengenai istilah komputer, keunggulan dan kelemahan komputer, kemampuan menggunakan komputer.
2. Mengerti Informasi (information literacy)
◊ meliputi pengertian bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah, dimana informasi di dapat dan bagaimana membagikan informasi dengan orang lain.
MANAJER DAN SISTEM
1. SISTEM
◊ adalah sekelompok elemen - elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan
2. ELEMEN - ELEMEN SISTEM
• Sumber daya mengalir dari elemen input melalui elemen transformasi menjadi sumber daya output.
• Suatu mekanisme kontrol memantau proses transformasi untuk meyakinkan bahwa sistem tersebut memenuhi tujuannya.
• Mekanisme kontrol ini dihubungkan pada arus sumber daya dengan memakai suatu lingkaran umpan balik (feedback loop)
Suatu pandangan sistem (system view) melihat operasi bisnis sebagai sistemyang melekat dalam suatu lingkungan yang lebih luas.Ini adalah suatu cara pandang yang abstrak, tapi bernilai potensial bagimanajer
1. Mencegah manajer tersesat dalam kompleksitas struktur organisasi
dan rincian pekerjaan
2. Menyadari perlunya memiliki tujuan-tujuan yang baik
3. Menekankan pentingnya kerjasama semua bagian dalam organisasi
4. Mengakui keterkaitan organisasi dengan lingkungannya
5. Memberikan penilaian yang tinggi pada informasi umpan balik yang
hanya dapat dicapai dengan cara sistem lingkaran tertutup
DATA
◊ terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang secdara relatif tidak berarti
bagi pemakai
◊ ex. Jumlah jam kerja tiap pegawai dalam perusahaan
C. KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa peranan manajer mengelola sumber daya berperan dalam keberhasilan suatu perusahaan/organisasi dalam mencapai tujuannya yang sangat tergantung pada kemampuan orang yang mengelola perusahaan/organisasi tersebut.

D. REFERENSI
sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../Modul+1+SIM.doc
imam.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../SIM1-Pengenalan.pdf.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar